Laman

Kamis, 23 Agustus 2012

Dalam Kasih Ibu

kasih ibu tuh ya sepanjang masaaaaa banget, dan tanpa sadar kita sebagai anak juga selalu butuh kasih sayang ibu. mau masih cimit-cimit kecil, udah kuliah, udah nikah, bahkan udah punya anak juga.

baca buku Dalam Kasih Ibu, penulis Triani Retno A. dkk. di sana banyak kisah tentang kenangan dengan ibu. pas banget sama apa yang saya rasain selama saya menikah. saya selalu inget tentang ibu setiap saya melakukan kegiatan. seperti misalnya masak, beberes rumah, apalagi kalo lagi repot banget di rumah.. sekarang jadi semakin kagum sama ibu yang melakukan banyak hal tanpa ada yang membantu, dan gak pernah ngeluh cape. tiap pagi bangun nyiapin sarapan terus beberes rumah, kalo saya masih belum bisa kaya ibu. saya bangun tidur cuma untuk sholat terus tidur lagi, kadang suami beangkat kerja saya tidak terbangun, tidak menyiapkan sarapan karena kita memang tidak terbiasa sarapan (mesti diubah nih nanti kalau sudah punya anak. ohya, ibu saya kalo membersihkan rumah juara banget!

yang paling kerasa sih lebaran kemarin, hihihi, nampak saya masih sangat trauma hidup jauh dari ortu di hari-hari spesial. :D biasanya saya bangun tidur lalu sholat subuh, mengantri mandi (di rumah nenek saya kamar mandi hanya 3 dan digunakan untuk 4 keluarga), lalu sarapan (sudah tersedia)dan berangkat sholat ied. pagi hari di lebaran tahun ini saya bangun tidur, sholat subuh, memasak sarapan, baru mandi dan bersiap sholat ied. masakan yang saya buat agak ribet, saya memasak bubur dengan rasa yang (harus) persis dengan masakan ibu saya dan masak sayur kerecek. sengaja saya membuat sarapan itu agar terasa sama seperti tahun-tahun sebelumnya. saya merasa sangat kerepotan sekali memasak untuk sarapan, terbayang betapa repotnya ibu saya setiap pagi lebaran enyiapkan sarapan untuk banyak orang. ah, ibu saya memang super sekali.

bercerita tentang kisah ibu juara lainnya. ini tentang ibu dari teman saya di bandung. beberapa hari sebelum ramadhan kemarin keluarga teman saya, yuli, diberi ujian yang luar biasa oleh Allah. kakaknya yang pertama yang berada di balikpapan tiba-tiba berteriak di tengah malam, mengeluh kesakitan pada bagian kepala lalu koma. saat itu di rumah hanya ada dua orang, sang kakak yang sakit dan kakak perempuannya. kakak perempuannya ini panik, membawa sang kakak ke rumah sakit sendirian. saya sebenarnya kurang tau persis bagaimana detailnya, hingga hari kedua lebaran saya silaturahmi ke rumah teman saya ini. ibunya bercerita tentang perasaannya yang sangat menghawatirkan anaknya. bahkan beliau bercerita sambil meneteskan air mata, beliau berkata "ibu sedih banget waktu lihat kakak terbaring di icu, ibu jadi trauma sama rumah sakit. padahal dulu waktu bapaknya meninggal rasanya gak gini-gini amat". begitu besarnya kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya, ohya kakak yang sakit ini sudah menikah dan sudah punya 2 anak. ibu ini sangat telaten menunggu anaknya hingga tersadar, menyuapi, memandikan, mendampingi sang anak dari keadaan lumpuh hingga sekarang alhamdulillah sudah mulai bisa berdiri. saya mendengar cerita beliau jadi ikut merasakan betapa besar cintanya kepada sang anak. dengan kesibukan beliau merawat anak yang sakit, tak mengurangi perhatiannya kepada anak-anaknya yang lain. masih sempat memasak makanan untuk keluarganya, saat saya dan silaturahmi, kami disuguhi pempek dan tekwan yang super enak. subhanallah...

kasih ibu memang tak tehingga, sepanjang masaaaaa.. tak pernah mengharapkan apapun, tulus mencurahkan cintanya.. setiap ibu pasti menjadi idola bagi setiap anak perempuannya..

ibu, i love you so much.. semoga Allah selalu menjaga dan mengasihi ibu. semoga saya bisa seperti ibu yang selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar