Laman

Jumat, 14 Desember 2012

cerita tentang pedagang

Bismillah, saya mau bercerita sedikit tentang lika-liku menjadi pedagang. alhamdulillah setelah saya menikah, saya mengumpulkan beberapa uang untuk dijadikan modal berbisnis. bisnis saya dimulai ketika salah satu teman saya di Karisma mengajak saya untuk gabung dengan dia, berkolaborasi membangun bisnis ini. saya menyetujui dengan alasan, saya sepertinya butuh partner dalam memulai usaha, biar nanti sewaktu saya sedang malas ada yang menyemangati. lagi pula teman saya ini posisinya di Bandung, strategis sekali.

jadi saya berdagangnya via offline dan online dibantu dengan teman-teman saya yang menjadi reseller. yang namanya berdagang tidak selamanya selalu ada order. pernah satu bulan saya dan teman saya tidak menerima pesanan sama sekali maka bulan itu kita dengan gencarnya melakukan iklan via online. pernah juga satu bulan pesanannya banyaaaaaaaak banget, sampai kita kewalahan dan alhamdulillah sampai barangnya hampir terjual semua. ada juga teman saya yang cerita, dulu di awal-awal dia berdagang selama setahun tidak ada yg order, paling hanya satu-dua, tapi sekarang pelanggannya sudah banyak bahkan sampai ke luar negri.

ada lagi beberapa pengalaman unik dan lucu...

calon pembeli : mbak, itu kerudungnya harganya berapa?
saya : harganya 35ribu mbak
calon pembeli : oh ada warna vink keunguan gak?
saya : (bingung warna vink keunguan itu kaya apa) yang kaya gini mbak? (kasih link foto)
calon pembeli : ada lagi gak yang lain?
saya : (kasih semua link foto yang warnanya, , menurut saya, vink keunguan) ini mbak, dipilih aja yang mana
calon pembeli : gak jadi ah mbak, gak ada yang sreg. mbak jualan apa aja?
saya : errrrr... itu bisa diliat aja mbak di album foto fanpage kami..

dan tau kah kalian, si calon pembeli ini pada akhirnya sama sekali tidak membeli barang kami..hahaha

adalagi...

pembeli : mbak, mau lihat kerudung kerudung yang ready stock dong
saya : boleh mbak. (saya kirim foto-fotonya via bbm)
pembeli : mbak, bisa gak kalo saya beli tapi disimpen aja di mbak barangnya, nanti kalo saya udah kasih alamat buat dikirim baru minta tolong mbak kirimin.
saya : oh boleh,mbak. (lalu pembeli ini membeli 10 kerudung punya saya)
pembeli : mbak, nanti transfernya nyicil ya.. nanti saya titip uang juga untuk ongkos kirimnya

subhanallah, bahkan saya dan partner saya gak kenal sama pembeli ini sebelumnya. tapi pembeli ini begitu mempercayai uang dan barangnya yang sudah jadi hak dia (karena sudah dibeli) kepada kami.

adalagi... ini yang membuat saya sempat stress sekaligus tertawa..

reseller : mbak, pesen bedcover ya, tapi langsung kirim ke palembang aja jangan ke balikpapan
saya : oke, minta alamatnya ya. (besoknya saya minta ibu saya kirim ke palembang)

beberapa hari kemudian...

reseller : mbak, katanya udah sampe ke palembang. tapi kok cuma spreinya ajah. kemaren kan pesennya lengkap kan?

saya kaget, jangan-jangan ibu saya salah menangkap pesanan saya. lalu saya konfirmasi ibu saya, katanya memang kirim bedcover, resi nya pun ditulis bedcover. saya langsung curiga sama yang di palembang, jangan-jangan dia ingin nipu saya. astaghfirullah... jahatnya saya

saya : mbak, saya udah konfirmasi ke ibu saya. katanya itu yg dikiurim bedcover kok. gak mungkin yang nyampe cuma sprei, soalnya ibu saya kalo kirim paket rapi banget bungkusnya.
reseller : iya mbak, kayanya yang di palembang itu gak negrti apa bedcover. soalnya tadi juga nanya bedcover itu kasur kah? kaya apa bedcover itu, kok ini tebel banget spreinya kaya kasur.
saya : hahahaha.. ya ampun, saya tadi udah panik dikira ekpedisinya yang nakal. karena saya males kalo mesti ngurus kaya gini ke ekspedisi.

sekian cerita saya tentang pengalaman saya berdagang.. saya selalu mengingatkan diri sendiri dan teman-teman saya yang seprofesi.. jadi pedagang itu harus sabar dan tidak boleh mudah menyerah. itu kuncinya biar kita bisa bertahan dengan bisnis kita..
semangat mompreuner!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar