Laman

Senin, 22 April 2013

apakah meminta maaf selalu baik?

sering kali meminta maaf terdengar lebih ksatria.. lepas melakukan kesalahan lalu meminta maaf. hal yang wajar memang. tapi pernahkah berpikir bahwa tidak melakukan kesalahan lalu berakhir harus meminta maaf itu lebih baik?

memakai kacamata orang yang harus memberikan maaf. dilema rasanya, jika tidak memaafkan maka kita akan mendapatkan dosa, namun jika mendapatkan permintaan maaf maka luka itu kembali tergores. mungkin luka itu sudah sembuh, tidak berdarah atau bernanah lagi, tapi bekasnya masih ada di sana. dan ketika melihat bekas lukanya, rasa ngilunya masih terasa.

jadi, meminta maaf itu salah? bisa jadi benar bisa jadi tidak. benar jika tidak disertai dengan perbaikan, terus melakukan kesalahan kepada orang lain lagi. mudah sekali mengatakan kata maaf, bahkan menganggap kata maaf bisa menyelesaikan masalah. namun meminta maaf tidak salah jika disertai dengan perbaikan, dan kedepannya lebih menjaga sikap dan ucapan agar tiada lagi yang dapat tersakiti sehingga kata maaf itu tidak lagi terucap dan membuat masalah baru.

jadi, apakah permintaan maaf anda saya terima? bisa ya, bisa tidak. tergantung anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar